Festival Layang-Layang Semarak di Monas

layang-layang ondel-ondel di monas
Festival Layang-Layang Semarak di Monas

GAMBIR (Pos Kota) – Festival Layang-Layang yang digelar di kawasan Silang Monas oleh Sudin Pariwisata Jakarta Pusat (Jakpus) menjadi satu hiburan bagi para pengunjug lokasi wisata tersebut.Berbagai model layang-layang dengan aneka warga dan bentuk yang menghiasi langit di kawasan Monas membuat pengunjung tampak kagum. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, begitu antusias sehingga membuat semarak kegiatan even tahunan Pemko Jakpus tersebut.
Berbagai bentuk layangan seperti ondel-ondel, dinosaurus, layangan seribu dan lain-lain tampak menari-nari dan meliuk-liuk diudara yang dengan terampil dimainkan oleh para pelayang nasional yang melakukan eksebisi.Panas terik yang menyengat tubuh tidak menjadi halangan bagi para pengunjung, bahkan tidak jarang dari mereka yang ikut memainkan layang-layang.”Mantap pak, layangannya, bagus kayak kaki seribu meliuk-liuk,” ujar Udin, 10, seorang anak kepada orang tuanya yang menyaksikan festival layang-layang di Monas, Minggu (17/6).
Program unggulan Pemko Jakpus tersebut dibuka oleh Walikota Jakpus, H. Saefullah.Dia menilai kegiatan ini sangat positip karena memberi warna lain dari kenaeka ragaman budaya bangsa. Kegiatan ini juga bermanfaat sebagai ajang atraksi menarik pengunjung baik wisatawan nusantara dan turis asing bagi stake holder industri pariwisata.”Even ini diharapkan dapat menarik minat warga untuk terus melestraikan kekayaan bangsa dalam rangka hias layang-layang tradisional dan kreasi,” ujarnya. Hadir Ketua TP PKK Jakpus, Hj Rusmiati Saefullah, Kasudin Pariwisata, Triyugo Prasetyo, Camat Gambir, Bayu Meghantara dan Kasi Araksi dan Peran Serta Masyarakat Sudin Pariwisata, Salma.
menerbangkan layang-layang ondel-ondel di monas
layang-layang ondel-ondel di monas

Dalam kegiatan ini juga dilombakan ragam hias layangan tradisional dan memainkannya yang diikuti 44 kelurahan se-Jakpus dan eksebisi 20 pelayang nasional.Selain itu diaadakan workshop bagaimana cara membuat layang-layang kepada anak-anak dan cara memainkan.
(tarta/sir)
Teks photo: Seorang peserta lomba tengah memainkan layang-lauang berbentuk ondel-ondel di kawasan Monas. (tarta)

Sumber : http://m.poskotanews.com

0 komentar :

Histats